Artikel

Tips Mudik Aman dan Nyaman Bersama Sikecil

Tips Mudik Aman dan Nyaman Bersama Sikecil

Mudik adalah hal yang paling menyenangkan bagi setiap keluarga, apalagi jika si kecil ikut serta. Tips di bawah ini akan membantu anda untuk mudik bersama si kecil tanpa rasa khawatir.

mudikdengananakkecil

Apa yang harus anda persiapkan? Tidaklah mudah membayangkan betapa repotnya anda jika si kecil harus ikut dalam perjalanan yang panjang dan melelahkan. Tahap awal yang anda lakukan adalah :

  1. Persiapkan mental. Saat sadar bahwa perjalanan ini akan membosankan dan melelahkan si kecil, cepatlah berpikir bahwa “semuanya akan berjalan dengan lancar bila saya mempersiapkan semuanya dengan baik.” Kebahagiaan saat si kecil bertemu dengan  semua keluarga akan menghapus kekhawatiran anda.
  2. Pastikan anda dalam keadaan sehat untuk melakukan perjalanan. Hal ini penting karena anda harus menyediakan waktu dan tenaga anda untuk mendampingi si kecil dan periksalah kesehatan si kecil sehari sebelum melakukan perjalanan. Jangan melakukan perjalanan jika kesehatan si kecil sedang terganggu. Lebih baik menunda perjalanan sampai kondisi kesehatan si kecil normal.
  3. Buat daftar keperluan si kecil agar tidak ada yang tertinggal maupun terlupakan. Jangan membawa peralatan atau perlengkapan secara berlebihan karena akan membuat kendaraan menjadi penuh.
  4. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, lakukan pemeriksaan kondisikendaraan dan pastikan semuanya baik-baik. Jangan lupa membawa perlengkapan mobil, seperti :  senter, pompa ban, ekstra ban, segitiga pengaman, dongkrak, payung, perlengkapan P3K, dst. Beri ruang yang lega bagi tempat si kecil agar ia bisa bergerak dengan leluasa dan tidur dengan nyenyak. Sebaiknya kendaraan dilengkapi dengan tape dan lagu anak-anak agar anak tidak bosan selama perjalanan.
  5. Bawa peta jalur mudik yang menyediakan jalur alternatif  secara detil dan jelas. Lengkapi peta dengan beberapa nomor penting yang akan memberikan info penting terkait perjalanan anda.
  6. Perhatikan jam berangkat agar terhindar dari kemacetan jalan. Dengan memperhitungkan lamanya perjalanan, maka bisa ditentukan waktu yang nyaman untuk melakukan perjalanan.
    0_0_600_0_70_autocar-indonesia-content-IMG_0752

 

Apa saja persiapan untuk si kecil ?

  1. Kebutuhan utama si kecil, antara lain : pakaian, makanan dan minuman, obat-obatan, peralatan makan, minum, mandi, bantal, bedak, tempat air panas, tisu basah dan kering, popok atau diaper, alas tidur, dst. Semua kebutuhan dalam perjalanan sebaiknya ditaruh dalam tas tersendiri agar mudah untuk dijangkau.
    fabc30776bc5830a2c14d43ba480869d_imresized
  2. Sediakan makanan kecil yang disenangi si kecil yang tidak membuatnya mabuk dan juga air putih secukupnya.
  3. Sediakan kantong muntah jika sewaktu-waktu si kecil mengalami mabuk selama perjalanan. Usahakan berhenti setiap 2 jam sekali agar si kecil mendapatkan oksigen dari luar mobil.
  4. Seringlah menanyakan apa yang dirasakan si kecil. Misalnya, apakah ia ingin buang air, apakah ia lapar/haus, apakah ada yang dirasa sakit, dst. Jangan lupa untuk memeriksa popok si kecil yang belum bisa bicara.
    car-organiser-plus-cooler-bag
  5. Sediakan mainan, beberapa cerita dongeng dan nyanyian yang biasa anda nyanyikan bersama si kecil untuk menghilangkan kejenuhan si kecil saat perjalanan berlangsung. Ajak bicara agar ia merasa tetap diperhatikan dan merasa aman karena perjalanan mudik adalah pengalaman baru baginya dan bisa saja membuatnya cemas.
    311959_620
  6. Kesabaran sangat dibutuhkan si kecil jika ia mulai merasa bosan dan mulai menangis. Dengan ketenangan, maka si kecil juga akan merasa tenang.
  7. Akhirnya, ajaklah si kecil untuk selalu berdoa agar ridhoNya menyertai perjalanan anda bersama keluarga.

Semoga dengan beberapa tips ini, perjalanan  mudik anda dan  anak akan menyenangkan.  Selamat mudik…

sumber:ykai.net

Post Comment

one × four =