Tips Berkendara Aman Saat Gempa Di Jalan

Bencana alam tidak bisa di prediksi kapan akan terjadi, kewaspadaan diri harus selalu siap saat terjadi bencana, seperti belakangan ini gempa yang terjadi di sekitaran Banten dengan guncangan berkekuatan 6.4 SR pada hari Selasa, 23 Januari 2018 dan disusul untuk keduakalinya pada hari Rabu, 24 Januari 2018 dengan kekuatan 5,1 SR menurut laporan BMKG. Dan sejauh ini belum ada tekhnologi manusia yang dapat memprediksi kapan akan datangnya gempa. Indonesia adalah negara yang sering dilanda gempa, maka dari itu Pemerintah dan BNPB sering melakuakan sosialisasi tanggap bencana gempa.

Jangan panik saat terjadi gempa, itulah hal pertama yang paling disarankan saat terjadi gempa, karena jika Anda merasa panik Anda tidak dapat berfikir dengan tenang dan dapat berakibat sulit dalam bertindak karena rasa takut dan malah membahayakan keselamatan Anda, begitu pula saat Anda berkendara dan tiba – tiba terjadi gempa, apa yang harus Anda lakukan?

Dikutip dari viva.co.id, Training Director Indonesian Road Safety Agent (IRSA), Poedyo Santosa mengatakan, umumnya jika gempa berkekuatan rendah, sebagian besar pengendara tidak akan menyadarinya. Karena konsentrasi tengah tertuju pada laju kendaraan dan jalan raya.

Meski demikian kewaspadaan tetap harus jadi kata kuncinya. “Kalau gempanya terasa besar, jangan lanjutkan perjalanan. Kalau gempa kayak tadi, yang jelas kurangi kecepatan, kemudian ambil jalur ke kiri dengan perlahan dan jangan rem mendadak. Takutnya karena panik terjadi kecelakaan pengendara di belakangnya,” ujar dia kepada VIVA, Selasa, 23 Januari 2018.

Dia melanjutkan, untuk tempat pemberhentian jika terjadi gempa, bisa berhenti di daerah aman. Lokasi aman yang dimaksud adalah tidak berada di bawah pohon, tiang listrik, papan reklame, atau kolong jembatan.

“Sebisa mungkin hindari daerah-daerah seperti itu. Jadi sebaikanya di tanah lapang atau lahan yang tidak tertutup. Atau kalau misalnya di bawah bangunan, misalnya di basement segera tinggalkan kendaraan,” tuturnya.

Bencana tidak dapat di prediksi, jadi tetap waspada, gunakan alat keselamatan berkendara, jaga performa mobil Nissan Anda di bengkel resmi Indomobil NIssan Datsun dan selalu berdoa kapanpun Anda melakukan perjalanan dengan kendaraan Anda.

Sumber#http://indomobilnissan.com/

Pin It

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × one =